Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

4 Beda Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan, Pilih yang Mana?

AYOPOS.COM – Perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan

AYOPOS.COM - Perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan
AYOPOS.COM – Perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan

4 Beda Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan, Pilih yang Mana?

Apa beda asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan? Seringnya kedua hal tersebut ditanyakan Ketika seseorang hendak menyisihkan sebagian pendapatannya untuk menyiapkan dana pendidikan anak.

Tentu saja berbeda baik dari segi pengelolaan dana sampai dengan perlindungan yang diberikan oleh setiap macam produk. Oleh karenanya Anda dapat memahami beberapa Apa perbedaan di antara keduanya agar lebih bisa memilih mana yang terbaik untuk keluarga dan sang Buah Hati.

Beda Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan

AYOPOS.COM - Perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan
AYOPOS.COM – Perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan

Kedua jenis produk ini berbeda dari segi pengelolaan serta kelompok lembaga keuangan yang mengelolanya. Oleh karena itu orang tua wajib mengetahui definisi yang tepat untuk setiap produk tersebut.

Adapun beda asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan secara prinsip adalah sebagai berikut:

  1. Tabungan Pendidikan

    Tabungan pendidikan merupakan simpanan yang yang umumnya di ditawarkan oleh lembaga perbankan kan untuk membantu orang tua menyiapkan biaya pendidikan. Di mulai dari umur pendidikan anak usia dini  hingga perguruan tinggi.

    Biasanya memiliki jangka waktu yang cukup lama yaitu mulai dari 2 tahun ke atas sampai batas usia masuk perguruan tinggi. Seringkali disebut juga simpanan berencana dimana jangka waktu pengambilannya telah ditetapkan oleh sistem sehingga tidak dapat sewaktu-waktu.

  2. Asuransi PendidikanAsuransi pendidikan merupakan salah satu produk yang mampu memberikan jaminan perlindungan ketika orang tua mengalami risiko. Artinya bahwa penerima manfaat pada umumnya adalah anak akan menjadi ahli waris serta seluruh investasi yang dihasilkannya.

Manfaat dari asuransi pendidikan adalah sebagai berikut:

  • Orang tua dapat menjamin kebutuhan dana pendidikan anak dimasa mendatang walaupun sudah terjadi resiko terhadap dirinya.
  • Dengan menjadi pemegang polis maka orang tua bisa langsung memperoleh perlindungan asuransi jiwa
  • Dapat dijadikan salah satu pilihan investasi masa depan dengan paket asuransi yang tepat

Karakter Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan 

AYOPOS.COM - Perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan
AYOPOS.COM – Perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan

Kedua produk ini memiliki ciri khas yang berbeda. Bukan hanya dari besaran dana yang akan diperoleh. Adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  1. Asuransi Pendidikan

  • Mempunyai tingkat Resiko yang lebih besar tergantung paket asuransi yang dipilih
  • Disarankan untuk jangka panjang dengan tingkat pendidikan yang berjenjang
  • Karena waktunya lebih lama maka hasil yang dikumpulkan akan lebih besar
  • Punyai manfaat proteksi jiwa bagi pemegang polis
  • Memastikan tersedianya dana pendidikan anak sesuai dengan kebutuhan jika tertanggung mengalami resiko
  • Produk keuangan yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi
  1. Tabungan Pendidikan
  • Mempunyai Resiko yang lebih kecil
  • Sangat tepat jika digunakan untuk kebutuhan pendidikan jangka pendek
  • Bunga yang diberikan sesuai dengan kebijakan lembaga perbankan tersebut
  • Merupakan produk keuangan yang yang dikeluarkan oleh lembaga angka 

Perbedaan Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan

AYOPOS.COM - Perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan
AYOPOS.COM – Perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan

Dalam beberapa hal prinsip terjadi beda asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan. Bukan hanya dalam teknik smash saja tetapi dengan lembaga keuangan yang diperbolehkan untuk mengelolanya.

  1. Definisi yang Berbeda

Keduanya memiliki definisi yang berbeda sehingga pengelolaannya pun sama sekali tidak dapat didapat disamakan. Tabungan pendidikan merupakan salah satu produk keuangan yang menawarkan manfaat tidak jauh berbeda dari tabungan pada umum.

Sehingga lebih berfungsi sebagai tempat penyimpanan uang yang lebih aman. Menggunakan tabungan pendidikan ini maka harapannya adalah kebutuhan dana akan disimpan pada rekening bank sehingga terhindar dari resiko kehilangan. 

Asuransi merupakan produk keuangan yang yang memiliki layanan untuk memberikan perlindungan bagi tertanggung. Perlindungan yang diberikan umumnya berupa cacat permanen ataupun kematian yang dialami oleh orang tua.

Risiko tersebut dapat menyebabkan Orang tua tidak dapat lagi menyediakan dana pendidikan anak pada masa tertentu. Itulah yang nanti akan di cover oleh perusahaan asuransi.

  1. Perbedaan Lembaga Keuangan

Tabungan pendidikan  maupun asuransi pendidikan merupakan produk keuangan yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan atas dasar pengawasan OJK. Kendati demikian keduanya dijalankan oleh jenis perusahaan keuangan yang berbeda. 

Tabungan pendidikan umumnya ditawarkan oleh lembaga keuangan perbankan sebagai salah satu sarana penyimpanan keuangan tanpa adanya proteksi. Sementara asuransi pendidikan dikeluarkan oleh perusahaan asuransi dengan tujuan memberikan potensi dan jaminan sesuai dengan paket perlindungan yang diambil.

  1. Tujuan Keuangan

Tabungan pendidikan lebih kepada untuk mengamalkan uang yang nantinya akan digunakan sebagai biaya pendidikan anak dari resiko kehilangan. Nasabah bebas menyetorkannya kapan saja atau sesuai dengan perjanjian.

Setoran tersebut bisa diperoleh dari saldo rekening utama yang ada. Selayaknya suatu sarana penyimpanan. maka setiap bulan nasabah akan dikenai biaya administrasi. 

Sementara pada asuransi, setoran dana dikenal dengan premi yang harus disetorkan secara rutin ke perusahaan asuransi. Penyetorannya sesuai dengan paket asuransi yang pilih. Ada yang perbulan, triwulan, semesteran, atau bahkan setahun.

Selanjutnya dalam komponen premi tersebut terdapat sejumlah biaya yang dibutuhkan untuk memastikan bahwa adanya cover kerugian di masa mendatang. Komponen tersebut meliputi asuransi, pengelolaan dana, akuisisi uang, administrasi sehingga hasil investasi.

  1. Status Setoran Dana

Dalam hal status setoran dana pun berbeda. Jika memutuskan memiliki tabungan pendidikan, maka dana yang ada adalah milik Anda sepenuhnya. Namun untuk asuransi maka premi yang disetorkan akan menjadi milik perusahaan asuransi. 

Artinya,Pemilihan kedua produk ini juga akan mempengaruhi kepemilikan aset Anda pribadi. Sebab ketika menyimpan uang sebagai tabungan, maka akan menambah aset kepemilikan Anda beserta dengan bunga yang diberikan.

AYOPOS.COM - Perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan
AYOPOS.COM – Perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan

Sementara dengan memiliki tabungan pendidikan, maka premi yang dibayarkan tentu saja akan mengurangi aset. Sebuah perusahaan asuransi akan membutuhkan dana tersebut untuk membayar seluruh preminya.

Tujuannya adalah untuk memastikan agar polis yang Anda pilih selalu aktif sehingga jika terjadi resiko dapat segera dijadikan perlindungan. Sebab jika pembayaran premi terhenti maka perlindungan terhadap pertanggung pun akan berhenti.

Kini Anda memahami beda asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan.  Walaupun memiliki fungsi yang sama yaitu mempersiapkan dana pendidikan untuk sang buah hati. Namun sistem pengelolaan serta perlindungan  yang diberikan berbeda.

Karena itu, wajib dipahami terlebih dahulu tujuan Anda memanfaatkan kedua jenis produk. Jangan sampai salah karena berhubungan erat dengan kesiapan pembiayaan dana pendidikan anak di masa mendatang. 

Tinggal memilih produk yang tepat dengan mempelajari beda  asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan demi  masa depan sang Buah Hati yang cerah.

Initinya asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan itu merupakan hal yang berbeda, supaya anda tidak salah presepsi. Asuransi Pendidikan digunakan untuk dana pendidikan serta investasi disisi lain untuk tabungan pendidikan tujuannya menyiapkan dana pendidikan untuk anak.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *