Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Ragam Perlindungan: Memahami Jenis Asuransi untuk Hidup yang Aman

Ayopos.com – jenis-jenis asuransi

Ayopos.com - jenis-jenis asuransi

Ayopos.com – jenis-jenis asuransi

Perlindungan Menyeluruh? Manfaatkan Jenis-Jenis Asuransi yang Ada

Salah satu yang dijadikan payung ketika terjadi resiko adalah dengan mengikuti program perlindungan. Ada jenis-  jenis asuransi yang bisa dijadikan pilihan untuk melakukan. Tentu saja Anda harus memilih nya berdasarkan kebutuhan.

Di Indonesia sendiri banyak berdiri perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai macam produk perundungan. Mulai dari jiwa sampai kerugian. Semuanya merupakan berbasis prinsip yang sama yaitu memindahkan resiko.

Oleh karenanya Anda wajib melek jenis-jenis asuransi agar mengetahui dengan tepat apa yang dibutuhkan untuk memberikan perlindungan. Tujuannya tentu saja untuk mengurangi resiko kerugian yang mungkin dialami oleh.tertanggung.

Mengenal Jenis-Jenis Asuransi

Ayopos.com - jenis-jenis asuransi
Ayopos.com – jenis-jenis asuransi

Asuransi merupakan sebuah perjanjian tertulis yang terikat hukum antara perusahaan asuransi dengan tertanggung. Perjanjian tersebut akan menjadi dasar bagi penerima premi jika nanti terjadi risiko.

Perusahaan asuransi merupakan penanggung resiko yang nantinya akan memberikan bentuk imbalan terhadap kerugian yang dialami tertanggung. Perlindungan ini diberikan pada resiko yang bisa terjadi sewaktu-waktu dan tak dapat diduga.

Adapun jenis-jenis asuransi umumnya diselenggarakan oleh perusahaan asuransi adalah sebagai:

Asuransi Kendaraan Bermotor

Jenis asuransi ini terbagi dua yaitu mobil dan motor. Keduanya sama yaitu membagi risiko yang bisa saja terjadi pada kendaraan yang diasuransikan. Umumnya perlindungan yang diberikan adalah ganti rugi jika terjadi kerusakan atau kehilangan karena kecelakaan.

Kecelakaan yang dapat terjadi bisa berupa disebabkan oleh orang lain atau karena perilaku pengemudi. Asuransi ini juga bisa menanggung resiko kerusakan akibat terjadinya bencana alam.  Contohnya adalah banjir,  gempa bumi maupun huru-hara.

  1. Asuransi Mobil

Asuransi mobil perlindungan yang diberikan pada kendaraan roda empat. Terbagi lagi menjadi tiga bagian besar, yaitu:

  • Asuransi mobil all risk komprehensif

Perlindungan jenis ini merupakan asuransi kerugian yang memberikan proteksi terhadap segala macam risiko kerusakan yang terjadi pada kendaraan motor ataupun penyebabnya sesuai dengan perjanjian

  • Asuransi total loss only (TLO)

Jenis ini merupakan perlindungan yang menanggung biaya perbaikan kendaraan roda 4 dengan syarat bahwa kerusakan totalnya harus di atas 75%.

  • Asuransi gabungan dari all risk dan Total loss Only

Perlindungan yang diberikan oleh asuransi gabungan ini merupakan kombinasi dari total loss only dan all risk.

Besaran premi yang harus dibayarkan setiap jangka waktu tertentu pasti disesuaikan dengan jenis perlindungan yang dibutuhkan.  Kendati demikian perhatikanlah tahun pembuatan mobil karena ada perhitungan tersendiri terhadap unit yang telah melewati umur

  1. Asuransi Motor

Merupakan asuransi yang memberikan jaminan ganti rugi jika tertanggung mengalami kehilangan ataupun kerusakan. Pada umumnya banyak sekali nasabah yang hanya mengambil perlindungan  kehilangan saja.

Premi yang harus dibayarkan oleh nah sahabat tentu saja berdasarkan harga motor,  wilayah serta jenis pertanggungan yang dipilih. Artinya semakin mahal harganya biaya asuransinya semakin tinggi

Asuransi Kesehatan

Perlindungan yang ditawarkan oleh produk ini merupakan penggantian biaya perawatan sakit akibat kecelakaan ataupun penyakit biasa.  Terbagi lagi menjadi dua yaitu rawat jalan dan rawat inap.

Tertanggung dapat memperoleh pelayanan lain sesuai dengan manfaat yang dibutuhkan. Adapun penawaran produk lainnya adalah biaya untuk perawatan gigi mata serta melahirkan..

Jenis asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi adalah sebagai berikut:

  • Asuransi kesehatan individu
  • Asuransi kesehatan anak
  • Asuransi kesehatan keluarga

Besaran premi yang harus ditanggung oleh pemegang polis tentu saja bergantung pada ada riwayat kesehatan, jenis manfaat serta jenis kelamin yang menjadi tanggung. Jika Anda mengambil asuransi keluarga tentu saja harus dikalikan dengan jumlah penerima manfaat.

Ayopos.com - jenis-jenis asuransi
Ayopos.com – jenis-jenis asuransi

Asuransi Jiwa

Asuransi ini merupakan produk perlindungan yang yang akan memberikan uang pertanggungan kepada ahli waris jika tertanggung atau nasabah yang yang tertulis pada perjanjian mengalami risiko sehingga meninggal dunia.

Ada juga asuransi jiwa yang menanggung resiko jika terjadi cacat tetap total akibat beberapa penyebab sesuai dengan perjanjian. Anda bisa memperoleh informasi tambahan ataupun Rider untuk melengkapi hal tersebut.

Asuransi jiwa terbagi lagi menjadi dua bagian besar yaitu berjangka dan seumur hidup.Selain itu pula ada asuransi jiwa tradisional yang terbagi menjadi tiga bagian besar lainnya yaitu:

  • Asuransi jiwa berjangka atau term life
  • Asuransi jiwa seumur hidup (whole life)
  • Asuransi jiwa dwiguna (endowment insurance)
  • Asuransi jiwa unit link

Asuransi Kecelakaan

Produk Asuransi ini menawarkan perlindungan berupa uang pertanggungan sejumlah tertentu yang timbul akibat risiko kecelakaan. Jenis-jenis asuransi kecelakaan yang banyak ditawarkan oleh perusahaan adalah sebagai berikut:

  • Asuransi kecelakaan diri
  • Asuransi kecelakaan kerja
  • Asuransi kecelakaan lalu lintas
  • Asuransi kecelakaan pesawat

Besarnya premi yang harus dibayarkan oleh pemegang polis adalah sesuai dengan uang pertanggungan yang dipilih. Jangka waktu pembayarannya pun disesuaikan dengan perjanjian.

Ayopos.com - jenis-jenis asuransi
Ayopos.com – jenis-jenis asuransi

Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan merupakan produk yang memberikan perlindungan terhadap dana pendidikan anak jika pemegang polis mengalami resiko. Adapun Resiko yang ditanggung umumnya adalah meninggal dunia tetapi tidak menutup kemungkinan cacat tetap total.

Biasanya untuk asuransi pendidikan di Indonesia terdiri dari dua jenis yaitu metode endowment atau dwiguna serta unit Link. Keduanya memiliki karakteristik yang berbeda dalam sistem asuransinya.

Asuransi pendidikan yang menggunakan metode dwiguna artinya adalah tertanggung akan memiliki nilai tunai yang diambil dari akumulasi tabungannya. Sementara unitlink artinya nilai tunai diperoleh dari hasil investasi.

Besaran premi asuransi yang harus dibayarkan oleh pemegang polis adalah berdasarkan Nominal uang pertanggungan yang ingin ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Semakin jauh usia anak dari umur masuk sekolah maka preminya akan semakin ringan. Karena faktor penentu besaran premi adalah usia tertanggung.

Asuransi Dwiguna

Asuransi ini merupakan produk asuransi yang diakumulasikan dengan tabungan. Jumlah nilai tunainya bersifat pasti dan umumnya berada pada produk asuransi pendidikan.

Biasanya tertanggung tidak hanya akan mendapatkan uang pertanggungan, tetapi juga memperoleh nilai tunai di akhir masa polis. Besaran premi yang dibayarkan akan jumlah nilai besaran nilai tabungannya.

Asuransi Unit Link

Asuransi unit link merupakan produk perlindungan yang dikombinasikan dengan investasi. Premi yang dibayarkan oleh pemegang polis akan dialokasikan ke dua bagian yaitu proteksi dan investasi.

Sehingga pada akhir waktu tertentu pemegang polis akan memperoleh 2 macam  dana yaitu berupa jaminan uang pertanggungan jika terjadi risiko dan nilai tunai di akhir masa polis.

Premi asuransinya bergantung pada usia tertanggung, Jumlah uang pertanggungan yang diinginkan serta ketentuan proporsi nilai tunai investasi sesuai dengan keinginan nasabah.

Asuransi Properti

Produk ini memberikan perlindungan ganti rugi jika terjadi sesuatu pada properti beserta aset di dalamnya.  Umumnya yang ditanggung adalah kebakaran, Pencurian serta bencana alam. Jenis-jenis asuransi properti dibagi menjadi dua bagian besar yaitu rumah atau bisnis

Besaran premi yang dibayarkan berdasarkan faktor-faktor tertentu.  Antara lain adalah suku premi, lokasi, lingkungan,  nilai properti, kualitas bangunan,  jenis barang dan nilai pertanggungan yang diharapkan.

Asuransi Kebakaran

Asuransi kebakaran merupakan perlindungan dari resiko kebakaran saja.  Umumnya obyeknya adalah properti ataupun rumah, Penyebabnya bisa bermacam-macam yaitu sambaran petir, ledakan gas, atau kejatuhan pesawat terbang.

Jenis-jenis asuransi kebakaran adalah sebagai berikut:

  • Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia
  • Polis perhitungan kembali
  • Polis mengambang
  • Polis penilaian
  • Polis tanpa nilai
  • Polis pemulihan nilai

Besaran premi yang perlu dibayarkan oleh pemegang polis dihitung berdasarkan faktor tertentu. Antara lain adalah jenis bangunan yang diasuransikan, bahan bangunan yang digunakan, serta kelas konstruksinya.

Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan merupakan perlindungan yang akan menanggung risiko Ketika seseorang melakukan traveling ataupun perjalanan bisnis.  umumnya Resiko yang ditanggung adalah berupa kehilangan barang, sakit, serta kecelakaan.

Asuransi ini dibagi menjadi dua jenis yaitu perjalanan domestik serta mancanegara. Besaran premi yang perlu dibayarkan sesuai dengan tujuan perjalanan.

Asuransi bisnis

Produk ini merupakan pertanggungan terhadap semua aset bisnis yang dibutuhkan dalam kegiatan bisnis tersebut.  mulai dari peralatan kerja mulai dari peralatan kerja hingga asuransi kesehatan karyawan.

Manfaat ini bisa berupa uang pertanggungan biaya kesehatan, Pergantian pesangon bila perusahaan melakukan PHK serta perlindungan terhadap aset perusahaan. Premi yang dibayarkan bergantung pada uang pertanggungan yang diinginkan,  demografi karyawan  serta.jumlahnya.

Asuransi Kredit

Asuransi kredit merupakan produk yang memberikan perlindungan berupa pelunasan utang Atau sisa kredit.  Biasanya mulai digunakan ketika terjadi resiko meninggal dunia, cacat tetap ataupun di PHK.

Premi yang dibayarkan disesuaikan dengan jumlah uang pertanggungan yang biasanya merupakan jumlah utang yang dimiliki.

Asuransi Disabilitas

Asuransi ini digunakan oleh pemegang polis atau tertanggung yang bekerja pada wilayah rawan kecelakaan ataupun perang. Manfaat pertanggungannya adalah santunan tunai. Selain itu siap melindungi mu dengan rasa aman dan terhidar dari resiko yang tiba-tiba menimpa.

Asuransi Kelautan

Ini berhubungan dengan aktivitas kelautan. Biasanya digunakan Pada saat terjadi aktivitas pengiriman logistik yang menggunakan kapal laut. Manfaat yang akan diberikan adalah resiko kerusakan akibat perjalanan atau kelapa itu sendiri. Besaran premi yang perlu dibayarkan biasanya bergantung pada nilai produk tersebut.

Intinya yaitu menjamin semua dampak kerusakan dan kerugian yang terjadi dikarenakan atau ditemukan pada materi pokok rangka kapal. Dengan catatan yaitu selama periode asuransi berlangsung.

Untuk objek asuransi yang merangkum bahaya, biasanya terdiri dari kapal serta barang muatan, perompakan dari bajak laut, pemberontakan kru kapal, penahanan atau perampasan oleh penguasa negara dan sebagarnya.

Asuransi Dana Pensiun

Ini merupakan dana pensiun lembaga keuangan yang difungsikan sebagai jaminan finansial saat seorang pekerja berada pada usia pensiun. Premi yang diberikan adalah bergantung pada nilai investasi yang diinginkan oleh peserta DPLK.

Asuransi Syariah

  • Asuransi syariah merupakan produk perlindungan yang berdasarkan prinsip hukum Islam dalam pelaksanaannya. Di Indonesia terdiri dari beberapa jenis. Antara adalah Asuransi kesehatan syariah
  • Asuransi jiwa syariah
  • Asuransi mobil syariah
  • Asuransi pendidikan syariah
  • Pengelolaan dana pensiun

Operasional asuransi syariah berada dibawah Dewan Pengawas Syariah atau DPS. Premi yang dibayarkan bergantung pada jenis serta manfaat yang diinginkan.

Asuransi Sosial

Asuransi sosial merupakan produk perlindungan yang bersifat wajib dan umumnya diselenggarakan oleh pemerintah sebagai bagian dari kebijakan publik. Indonesia memiliki beberapa perlindungan jenis ini, meliputi:

  • BPJS Kesehatan yang memiliki fokus sebagai perlindungan kesehatan masyarakat
  • BPJS ketenagakerjaan yang bergerak dalam aktivitas jaminan sosial Ketenagakerjaan di mana perlindungannya mencakup pensiun, hari tua, kecelakaan kerja, serta kematian.
  • Jasa Raharja yang merupakan perlindungan akibat kecelakaan lalu lintas
  • PT Taspen dan Asabri yang fokus pada program pensiun untuk pegawai negeri sipil serta angkatan bersenjata.

Besaran premi yang harus dibayarkan oleh mereka yang mengikuti asuransi sosial ditetapkan oleh pemerintah

Ayopos.com - jenis-jenis asuransi
Ayopos.com – jenis-jenis asuransi

Asuransi Proyek atau Konstruksi

Asuransi konstruksi merupakan produk perlindungan yang yang memberikan jaminan keuangan jika terjadi kerugian pada proyek tersebut. Antara lain kepada kontraktor, pemilik, pekerja, maupun aset.

Jenis-jenis asuransi proyek di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Asuransi jaminan proyek (surety bond)
  • Erection All Risk (EAR)
  • Contractors All Risk (CAR)
  • Workmen Compensation & Employers Liability
  • Comprehensive General Liability

Besaran premi yang harus dibayarkan bergantung pada Jenis proyek yang akan dijadikan objek asuransi,  lokasinya. Serta kontraktor pelaksana, pemilik proyek, lingkungan potensi musibah, durasi  penyelesaian, hingga peralatan.

Asuransi Tanggung Gugat

Asuransi Tanggung gugat adalah jenis perlindungan yang akan memberikan jaminan keuangan akibat Resiko yang dilakukan oleh karena kelalaian tertanggung sehingga menyebabkan kerugian  pihak ketiga.

Jenis-jenis asuransi tanggung gugat dibagi lagi menjadi beberapa kategori, yatu:

  • Asuransi tanggung gugat personal (personal liability insurance)
  • Asuransi tanggung gugat umum (general liability insurance)
  • Asuransi tanggung gugat profesi (professional liability insurance)

Asuransi Uang

Asuransi uang merupakan perlindungan yang akan memberikan pertanggungan atas resiko kehilangan dalam bentuk surat berharga maupun uang. Proses penghilangan dapat terjadi pada saat penyimpanan maupun pengiriman.

Beberapa jenis asuransi uang adalah Cash in save, Cash in transit, Cash in cashier box, dan Cash in ATM. Besaran premi yang perlu dibayarkan sesuai dengan uang yang ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Tujuan ansuransi ini yaitu menjamin kerusakan, kehilangan atau rugi terhadap harta benda yang diakibatkan oleh bencana.tak terduga. Contohnya saja  kebakaran, bencana alam atau terjadi kerusuhan.

Asuransi Hewan

Asuransi hewan produk jaminan yang memberikan perlindungan kepada hewan peliharaan Yaitu anjing dan kucing.  risiko yang ditanggung antara lain adalah kecelakaan, pencurian, serta tanggung jawab pihak ketiga.

Besaran premi yang perlu dibayarkan oleh pemilik hewan yang diasuransikan tersebut bergantung pada kebijakan perusahaan

Itulah jenis-jenis asuransi di Indonesia yang dapat dijadikan alternatif sebagai perlindungan dari resiko. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dengan premi asuransi yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *