Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Ilustrasi Pembayaran Asuransi Kesehatan Cashless

ayopos.com – asuransi cashless

Ilustrasi Pembayaran Asuransi Kesehatan Cashless

ayopos.com - asuransi cashless
ayopos.com – asuransi cashless

Ada dua jenis asuransi kesehatan, yaitu reimburse dan cashless. Kali ini yang akan dibahas adalah asuransi kesehatan cashless secara lengkap. Asuransi yang akan langsung dibayarkan oleh pihak perusahaan asuransi. 

Pengertian Asuransi Kesehatan Cashless

Berbeda dengan asuransi kesehatan reimburse yang nasabahnya harus membayar terlebih dahulu biaya perawatan di rumah sakit. Maka asuransi kesehatan cashless akan memudahkan pembayaran biaya perawatannya di rumah sakit. 

Pihak perusahaan asuransi yang akan membayarnya terlebih dahulu biaya perawatannya. Pihak nasabah hanya perlu menunjukkan kartu keanggotaan asuransi kepada pihak rumah sakit. 

Oleh karena itu, asuransi kesehatan ini disebut dengan cashless atau tidak memakai uang tunai. Jika biayanya melebihi dari uang pertanggungan dari pihak asuransi, maka nasabah bisa membayarnya sendiri. Apabila tidak, maka tidak perlu membayarnya lagi. 

Jenis asuransi cashless memudahkan bagi nasabahnya untuk menjalani perawatan dan pengobatan di rumah sakit yang menjadi rekan perusahaan asuransi. 

ayopos.com - asuransi cashless
ayopos.com – asuransi cashless

Manfaat Asuransi Kesehatan Cashless

  1. Kemudahan dalam hal proses pembayaran
  2. Banyaknya akses penyedia layanan pembayaran
  3. Kepastian dan keamanan dalam hal pembayaran
  4. Mencapai tujuan keuangan yang lebih holistik

Cara Memakai Asuransi Kesehatan Cashless

Jika memutuskan untuk memilih produk asuransi cashless. maka perlu mengetahui cara penggunaannya. Simak berikut ini cara pemakaian asuransi kesehatan cashless. 

Mendatangi rumah sakit yang menjadi mitra asuransi

ayopos.com - asuransi cashless
ayopos.com – asuransi cashless

Jika kondisi badan sudah tidak begitu sehat dan semakin buruk, maka harus segera dibawa ke rumah sakit. Namun sebelumnya pastikan bahwa rumah sakit yang dituju termasuk dalam mitra kerjasama dengan perusahaan asuransi kesehatan yang sudah dipilih. 

Hal tersebut sangat penting supaya bisa menggunakan asuransi cashless untuk membiayai semua perawatan dan pengobatan selama di rumah sakit. 

Mengisi formulir

ayopos.com - asuransi cashless
ayopos.com – asuransi cashless

Sesampainya di rumah sakit, pihak keluarga atau perwakilannya mengisi sebuah formulir pelayanan medis untuk mendapatkan pelayanan. Jangan lupa untuk menunjukkan kartu asuransi kesehatan dan KTP. 

Pihak rumah sakit melakukan verifikasi

Jika sudah mengisi formulir dan menunjukkan kartu anggota asuransi. Selanjutnya pihak rumah sakit akan melakukan verifikasi data kepesertaan dan manfaat asuransi. Kemudian mengirim laporan medis awal dan surat pernyataan nasabah ke pihak perusahaan asuransi kesehatan. 

Perusahaan asuransi kesehatan mengeluarkan surat jaminan

Sesudah melakukan verifikasi data. Selanjutnya perusahaan asuransi akan mengeluarkan surat jaminan yang akan dikirim ke pihak rumah sakit tersebut jika nasabah akan menjalani perawatan. 

Selain itu, perusahaan asuransi akan melakukan pemantauan medis selama nasabah mendapatkan layanan kesehatan. 

Pihak rumah sakit akan mengirimkan tagihan rumah sakit 

ayopos.com - asuransi cashless
ayopos.com – asuransi cashless

Jika perawatan kesehatan nasabah sudah berakhir, selanjutnya pihak rumah sakit akan menyiapkan tagihan akhir biaya perawatan dan ringkasan meis yang akan dikirimkan ke perusahaan asuransi. 

Pelunasan tagihan oleh perusahaan asuransi

Selanjutnya pihak perusahaan asuransi akan mengecek kelayakan tagihan dan ringkasan medis yang dikirimkan oleh pihak rumah sakit. Lalu mengirimkan rincian yang berisi perhitungan biaya perawatan yang akan ditanggung perusahaan asuransi kesehatan. 

Jika terdapat selisih antara tagihan rumah sakit dengan manfaat pertanggungan. Maka selisih tersebut akan ditanggung oleh pihak nasabah dan harus membayarnya sebelum keluar dari rumah sakit. 

Sebagai contoh adalah manfaat pertanggungan asuransi kesehatan untuk rawat inap uang didapatkan nasabah adalah kelas 2 dengan harga 250 ribu rupiah per malam. 

Namun, nyatanya nasabah memilih kamar kelas 1 dengan harga 450 ribu rupiah per malam. Maka selisih 200 ribu rupiah tersebut yang akan ditanggung oleh nasabah. Jika tidak ingin menanggung selisih tersebut, maka pilih yang sesuai dengan prosedur asuransi kesehatan. 

Itulah ilustrasi dari perjalanan ketika mengajukan asuransi kesehatan cashless. Segera mendapatkan perawatan ketika sakit memang penting. Semua itu akan dimudahkan ketika memiliki asuransi kesehatan. Pilih asuransi yang tepat milik pemerintah atau perusahaan swasta.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *