Jangan Tampilkan Lagi Ya, Saya Mau!

Asuransi Jiwa Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

Asuransi Jiwa Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

Asuransi Jiwa Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya
Asuransi Jiwa Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

Asuransi jiwa adalah salah satu jenis asuransi yang bisa memberikan perlindungan finansial terhadap keluarga nasabah yang meninggal dunia. Lalu seperti apa asuransi jiwa itu? Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Penjelasan Asuransi Jiwa Adalah

Selalu ada hal yang tidak terduga terjadi dalam hidup. Seperti hal baik atau buruk yang sewaktu-waktu datang tanpa ada pemberitahuan yang mungkin saja mengubah hidup seseorang. 

Meski semua kejadian tersebut kemungkinan besar tidak bisa dihindari. Namun, bisa saja melakukan tindakan persiapan. Salah satunya adalah asuransi. Ada berbagai jenis asuransi yang sesuai dengan manfaat dan fungsi yang dibutuhkan oleh nasabahnya. 

Salah satu  asuransi yang perlu dipertimbangkan dengan bijaksana untuk dimiliki adalah asuransi jiwa. Apa yang dimaksud dengan asuransi jiwa? 

Asuransi jiwa adalah salah satu jenis asuransi yang bisa memberikan jaminan berupa santunan kepada pihak keluarga nasabah yang meninggal dunia, mengalami kecelakaan, cacat permanen, atau risiko lainnya yang tidak disengaja. 

Akibat perannya tersebut, jenis asuransi ini sangat penting untuk dimiliki. Khususnya bagi nasabah yang menjadi tulang punggung keluarga. 

Bisa dikatakan kalau asuransi jiwa merupakan salah satu bentuk perlindungan terhadap kerugian finansial atau hilangnya pendapatan seseorang atau keluarga akibat kehilangan sumber nafkah dari keluarga tersebut. 

Produk perlindungan jiwa ini dapat menjadi salah satu bentuk tameng bagi anggota keluarga yang ditinggalkan. Dimana keluarga tersebut masih membutuhkan dukungan finansial, dan tulang punggung sudah tidak bisa memberikan dukungannya. 

Entah itu karena meninggal dunia, kecelakaan, atau lainnya yang mungkin bisa memberikan goncangan hebat terhadap perekonomian keluarga. Adanya asuransi jiwa bisa menjamin kelangsungan keuangan keluarga dan kelayakan hidup keluarga yang ditinggalkan. 

Manfaat Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya
Asuransi Jiwa Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

Sebagian orang mungkin beranggapan kalau tidak perlu mengkhawatirkan banyak hal. Termasuk keselamatan jiwanya, karena semua sudah terjamin oleh Sang Pencipta. 

Namun, orang cerdas akan memiliki suatu persiapan demi keluarganya tercinta. Asuransi jiwa bisa menjadi jawabannya. Ada banyak manfaat asuransi jiwa. Diantaranya adalah berikut ini. 

Menentramkan pikiran

Asuransi Jiwa Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya
Asuransi Jiwa Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

Kehilangan akibat kematian bukan hanya akan meninggalkan duka bagi pihak keluarga. Apalagi kehilangan sosok yang menjadi tulang punggung keluarga. Tentu akan memberikan dampak buruk terhadap keuangan keluarga yang ditinggalkan. 

Risiko tersebut bisa diantisipasi jika memiliki polis asuransi. Salah satunya adalah asuransi jiwa. 

Asuransi yang saat ini bisa memberikan jangan keuangan kepada pihak keluarga yang ditinggalkan. Sehingga kehidupan keluarga masih tetap berjalan dengan aman pasca kematian. 

Menjamin pendidikan anak

Bukan hanya untuk memberikan tunjangan keuangan kepada pihak yang ditinggalkan. Asuransi jiwa juga bisa membantu kelancaran pendidikan anak, jika masih memiliki tanggungan anak yang sekolah. 

Apalagi anak-anaknya masih kecil yang membutuhkan biaya pendidikan yang tidak sedikit. Tentunya tidak ingin anak-anak berhenti sekolah atau berhenti untuk memiliki cita-cita yang tinggi. 

Mendapatkan pertanggungan untuk penyakit kronis

Manfaat asuransi selanjutnya adalah bisa menutupi biaya perawatan ketika menjalani pengobatan penyakit kronis. Hal tersebut akan berlaku ketika nasabah didiagnosis menderita penyakit yang termasuk terminal illness dan diperkirakan akan meninggal kurang dari 12 bulan. 

Selama orang yang bersangkutan masih hidup, maka masih bisa mendapatkan manfaat dari asuransi jiwa untuk keperluan berobat. 

Menabung

Bukan hanya sebagai tunjangan, asuransi jiwa juga bisa menjadi tabungan dan antisipasi ketika hal buruk yang bisa datang sewaktu-waktu. 

Bebas pajak

Ketika pemilik polis asuransi jiwa sudah meninggal dunia, maka uang pertanggungan akan diberikan kepada penerima manfaat yang bebas pajak. 

Maksudnya pembayaran asuransi jiwa tidak dianggap sebagai pendapatan untuk perpajakan. Sementara penerima tidak perlu melaporkan besarnya uang yang sudah diterima ketika lapor pajak tahunan. 

Jenis Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya
Asuransi Jiwa Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

Asuransi jiwa adalah salah satu bentuk tunjangan yang diberikan kepada keluarga yang ditinggal. Ada beberapa jenis asuransi jiwa. Berikut jenis-jenisnya. 

Term Life Insurance (Asuransi jiwa berjangka)

Merupakan salah satu produk asuransi yang memberikan pertanggungan selama jangka waktu tertentu dan disebut dengan jangka waktu polis. Asuransi jiwa berjangka akan diberikan jika dalam kondisi berikut ini. 

  • Terjadi risiko sesua perjanjian polis dalam jangka waktu perjanjian tersebut. 
  • Polis masih berlaku ketika tertanggung meninggal dunia. 

Ketika pemegang masih hidup sampai jangka waktu yang sudah ditetapkan dalam perjanjian. Maka pihak polis bisa memberikan hak kepada pemegang polis untuk melanjutkan pertanggungan asuransi jiwa. 

Apabila pemegang polis tidak melanjutkan, maka polis akan berakhir dan perusahaan asuransi tidak berkewajiban memberikan pertanggungan selanjutnya. Ada beberapa jenis asuransi jiwa berjangka. 

  • Asuransi jiwa berjangka dengan biaya pertanggungan tetap. Jenis asuransi ini memberikan manfaat dalam jumlah yang sama selama jangka waktu polis. 
  • Asuransi jiwa berjangka dengan biaya pertanggungan menurun. Manfaat polis satu ini dimulai dengan nilai yang sudah ditetapkan, lalu akan menurun selama jangka waktu yang sudah ditentukan. 
  • Asuransi jiwa berjangka dengan uang pertanggungan meningkat. Manfaatnya akan meningkat dengan persentase tertentu dalam jangka waktu yang sudah ditetapkan. 

Whole life Insurance ( asuransi untuk seumur hidup)

Ada dua karakteristik untuk asuransi jiwa yang satu ini. Yaitu memberikan pertanggungan seumur hidup kepada tertanggung dalam polis masih berlaku dan pertanggungan asuransi yang mengandung unsur tabungan. 

Ada tiga jenis asuransi jiwa seumur hidup. Simak ulasan ketiga jenis tersebut. 

  1. Asuransi jiwa seumur hidup tradisional. Merupakan asuransi  yang akan memberikan pertanggungan seumur hidup dengan tarif tetap dan tidak akan meningkat sejalan bertambahnya usia tertanggung. 
  2. Last survivor life insurance. Asuransi yang memberikan manfaat polis yang dibayarkan hanya ketika kedua orang tertanggung polis meninggal dunia. 

Premi yang satu ini hanya dibayar ketika sampai tertanggung pertama meninggal atau biaya bisa dibayar sampai kedua tertanggung meninggal. Jenis asuransi ini dibuat untuk pasangan yang sudah menikah. 

  1. Asuransi jiwa seumur hidup gabungan. Melihat dari namanya saja pasti sudah tahu kalau jenis asuransi jiwa ini gabungan antara kedua jenis di atas. 

Yaitu asuransi jiwa untuk individu tapi yang menanggung dua jiwa dalam polis yang sama. Ketika salah satu tertanggung meninggal, Maka polis akan dibayarkan kepada tertanggung yang masih hidup dan pertanggungan berakhir. 

Asuransi Jiwa Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya
Asuransi Jiwa Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

Asurani unit link merupakan Adalah jenis perlindungan  yang mengkombinasikan manfaat asuransi dengan investasi yang hasilnya sesuai dengan keadaan tahun berjalan pada saat itu. Biasanya jenis asuransi ini diselenggarakan oleh perusahaan asuransi jiwa. 

Biaya yang dibayarkan akan dialokasikan ke dalam dua mekanisme pengelolaan yang terpisah. yaitu pengelolaan dasar untuk kepentingan proteksi dan investasi. 

Ketika membeli asuransi jenis ini, maka seorang tertanggung bisa memperoleh manfaat perlindungan asuransi sekaligus hasil atas investasi tersebut. 

Asuransi jiwa dwiguna

Asuransi ini akan memberikan manfaat tertentu. Selain menjadi salah satu produk asuransi jiwa dengan manfaat tambahan, yaitu tabungan. 

Sebagian premi milik nasabah akan dimasukkan ke dalam tabungan, sedangkan sisanya untuk proteksi. Pada saat akhir masa polis, ahli waris akan mendapatkan nilai tunai berupa tabungan dan uang pertanggungan. 

Produk asuransi satu ini sangat tepat bagi orang yang mempunyai rencana keuangan jangka panjang. Misalnya mengumpulkan dana pendidikan, dana pensiun, atau dana pernikahan. 

Asuransi jiwa adalah salah satu jenis asuransi yang ingin memberikan tunjangan bagi keluarganya. Sehingga mereka akan merasa tenang jika terjadi sesuatu atau karena hal yang tidak diinginkan.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *